PPM: HIMA PGSD GO “BOBANEHENA”

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Khairun malaksanakan kegiatan Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) yang bertempat di Kabupaten Halmahera Barat Kecamatan Jailolo tepatnya di Desa Bobanehena.

Kegiatan PPM dengan tema “Langkah Berbagi, Untuk Masyarakat Desa Bobanehena” itu dilaksanakan selama 2 Minggu. Sementara mahasiswa yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 46 orang.

Kunjungan Kesitus Sejarah “Kedaton Kesultanan Jailolo”

Pekan Pengabdian yang dilaksanakan itu direspon baik oleh pemerintah desa, Pemuda Karang Taruna juga seluruh masyarakat. Hal ini terlihat jelas saat penyambutan Mahasiswa pada waktu kedantangnya. Tidak hanya itu, masyarakat juga terlihat berpartisipasi aktif bersama Mahasiswa dalam menjalankan program pengabdian.

Adapun program kerja dalam kegiatan tersebut sebanyak 9 program yaitu.
1. Sosialisasi program studi
2. Sosialisasi PPG
3. Pembuatan Apotik Hidup
4. Pembinaan dan pengajaran di sekolah
5. Bakti sosial
6. Pemutaran film Inspirasi
7. Penghijauan
8. Kunjungan ke kedato Jailolo
9. Literasi

Pemutaran Film Inspirasi

Dari program yang di tawarkan, sebanyak 7 program yang berhasil dijalankan. Di antaranya sosialisai program studi dilaksanakan di SMK 1 Halbar, sosialisasi PPG yang di pusatkan di SDN 03 Halbar , pembinaan dan pengajaran di sekolah SDN 03 dan SDN 04 Halbar, bakti sosial bersama Masyarakat di lingkungan Desa, pemutaran film inspirasi dengan sasaran Siswa/i SD, dan kunjungan ke kedaton Jailolo. Semantara penghijauan dan literasi belum di jalankan karena satu dan lain hal.

Iswan, kepala Desa Bobanehena ketika dimintai keterangan mengatakan “kehadiran adik-adik mahasiswa disini diharapkan mampu beradaptasi dengan masyarakat dan bekerja sama dengan pemuda karang taruna untuk bisa mensukseskan kegiatan-kegiatan baik itu dari adik-adik mahasiswa maupun dari pemuda karang taruna”.

Harapanya, semoga Mahasiswa harus lebih peka dengan kondisi sosial Masyarakat melalui kegiatan seperti ini. Agar ketika kembali ke daerah masing-masing dapat berkonstribusi baik ikut mrmajukan daerah.

“Saya harap kegiatan ini tidak sampai disini, tharus terus dilakukan agar kita semua mampu menakar dan mecari solusi dalam prmbangunan desa.” Pungkasnya. ~Imha

 

Sumber: HIMA PGSD

Editor: Irmayanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *