Sosialisasi Program MBKM di Program Studi PGSD

Pada hari Jumat, 09 September 2022, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melaksanakan pertemuan yang terdiri dari Ketua Program Studi PGSD, Dosen PGSD, dan seluruh mahasiswa semester 7 dan semester 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pertemuan yang dilaksanakan ini membahas tentang bentuk kegiatan MBKM. Ketua program studi pendidikan guru Sekolah dasar, Bapak Ridwan Jusuf menyampaikan bahwa semester 5 dan semester 7 harus mengikuti kegiatan MBKM sebagai bentuk dari program pemerintah Kemendikbud. “Memasuki semester ganjil ini, khususnya  untuk semester 5 dan 7 harus bisa mengikuti kegiatan MBKM. Dimana telah ada pembaruan panduan pada kegiatan MBKM yang lebih terarah. Sehingga mahasiswa tidak perlu kawatir tentang prosedur dan kegiatan yang dilaksanakan pada program MBKM nanti”. Ujar Kepala program studi pendidikan Guru sekolah dasar, Bapak Ridwan Jusuf.

Pada kegiatan program MBKM sebelumnya memang memiliki kendala dalam pelaksanaannya, karena kurang jelasnya panduan dan kegiatan yang dilaksanakan dilapangan. Sehingga, tidak jarang menyebabkan kebingungan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Namun demikian, saat ini fakultas telah memberikan panduan terbaru dari Kemendikbud sebagai acuan atau panduan kegiatan mahasiswa.

Adapun kegiatan MBKM yang dilakukan ada 3 item, yaitu asistensi mengajar, proyek kemanusiaan, dan proyek penelitian. Asistensi mengajar adalah bentuk kegiatan mahasiswa ikut serta dalam proses mengajar di sekolah dasar. Program studi PGSD memang sudah pernah melaksanakan kegiatan asistensi mengajar sehingga diharapkan mahasiswa yang mengikuti MBKM bisa belajar dari pengalaman sebelumnya yang telah dilalui oleh mahasiswa yang sudah mengikuti kegiatan asistensi mengajar ini.  Sedangkan proyek kemanusiaan dan proyek penelitian sendiri adalah bentuk kegiatan secara mandiri yang berasal dari masyarakat sekitar. Pada kegiatan proyek kemanusiaan dan proyek penelitian ini merupakan kesempatan pertama yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam kegiatan MBKM. Selain itu, Kegiatan asistensi mengajar sangat di anjurkan untuk diikuti oleh mahasiswa semester 5, sedangkan untuk kegiatan proyek kemanusiaan dan proyek penelitian lebih dianjurkan untuk mahasiswa di semester 7.

Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk memberikan gambaran atau penjelasan terkait dengan 3 kegiatan yang ada dalam program MBKM sehingga, mahasiswa PGSD mampu memahami terkait dengan program MBKM yang dilaksanakan oleh pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *