Etika Komunikasi
Kuncinya Terletak pada Rasa Hormat dan Etika
Etika Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen melalui SMS, Whatsapp, Messenger dan Aplikasi Pesan Lainnya
- Perhatikan Waktu. Hubungi dosen saat jam kerja. Jika diluar itu, hindari menghubungi ketika waktu istirahat, beribadah, atau kesibukan umum lainnya. Misalnya, waktu sebelum pukul 07.00 atau diatas pukul 20.00 atau waktu istirahat/ibadah.
- Gunakan bahasa umum dan dimengerti, tanda baca yang baik dan konteks formal. Hindari menyingkat, tidak bertele-tele, tidak alay dan tidak memerintah. Contoh: “dmn, kpn, bgmn, otw, sy”, dan hindari juga kata-kata non-formal “aku, ok” serta pastikan tidak ada kesalahan penulisan (typo).
- Ucapkan Salam. Awali pesan dengan ucapan salam dan kata maaf untuk menunjukan sopan santun. Contoh,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh/Selamat siang/sore, … Mohon maaf mengganggu waktu bapak/ibu. - Sebutkan Identitas. Pastikan menyampaikan identitas lengkap sebelum pembicaraan. Contoh, Saya Lee Min Ho, Mahasiswa Prodi PGSD Angkatan 2022.
- Sampaikan keperluan dengan singkat namun jelas. Saya hendak mengingatkan bahwa besok ada kuliah Strategi Belajar Mengajar pukul 07.30 WIT di Ruang 26.
- Ucapkan Terima Kasih. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.