Ternate, 4 Juli 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa pada Jumat, 4 Juli 2025 bertempat di ruang Prodi PGSD. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT dan menghadirkan dosen-dosen pembimbing serta penguji sebagai penilai akademik dan mentor dalam proses penguatan kompetensi mahasiswa.

Kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mempresentasikan hasil penelitian dari tugas akhir mereka, sekaligus sebagai sarana evaluasi dan umpan balik dari para dosen ahli. Selain itu, forum ini juga menjadi ajang pembelajaran dan refleksi akademik yang mendorong mahasiswa untuk lebih siap menghadapi dunia penelitian dan pendidikan dasar secara profesional.

Sebanyak 20 mahasiswa PGSD tampil mempresentasikan hasil penelitiannya yang dibagi ke dalam dua ruangan paralel. Beberapa nama yang tampil dalam sesi presentasi antara lain Ermi Majid, Narti La Nane, Mutia Arifin, Baitin Bey, Kiki Rahmawati, hingga Fatmawati Abdurahman. Topik penelitian yang diangkat beragam, mencerminkan kekayaan isu pendidikan dasar seperti model pembelajaran, literasi numerasi, hingga pengembangan media ajar kontekstual.

Para dosen pembimbing dan penguji yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Dr. Samsu Somadayo, Dr. Ridwan Jusuf, Dr. Wahid Umar, Dr. Ardiana, Wawan Suprianto Nadra, S.Pd., M.Pd, Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd serta sejumlah dosen lainnya yang turut berperan aktif dalam menilai kualitas hasil penelitian mahasiswa serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut.

Kegiatan berlangsung dalam suasana akademik yang antusias dan penuh semangat. Mahasiswa tampil percaya diri, meskipun beberapa menunjukkan ekspresi gugup saat menyampaikan data dan kesimpulan dari penelitian mereka. Namun demikian, suasana dialogis antara presenter dan penguji menciptakan iklim akademik yang konstruktif.

“Seminar ini adalah bentuk nyata dari pembelajaran berbasis riset yang kami dorong di Prodi PGSD. Mahasiswa tidak hanya diminta menulis, tetapi juga belajar mempertanggungjawabkan hasil penelitian mereka secara ilmiah,” ujar Dr. Ridwan Jusuf, Koordinator Prodi PGSD, dalam sambutannya.

Salah satu mahasiswa peserta seminar, Nola Limagap, menyampaikan kesannya, “Awalnya saya sangat gugup, tapi setelah mendapatkan arahan dari dosen penguji, saya merasa lebih percaya diri. Ini jadi pengalaman berharga sebelum masuk dunia kerja.”

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman akademik, tetapi juga menjadi bagian penting dalam membentuk karakter ilmiah dan etos kerja mahasiswa. Seminar hasil penelitian ini menunjukkan komitmen Program Studi PGSD dalam mencetak calon guru yang tidak hanya menguasai pedagogi, tetapi juga memiliki kemampuan literasi ilmiah yang mumpuni.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa PGSD Universitas Khairun dapat terus mengembangkan kapasitas akademik dan profesionalisme mereka sebagai pendidik masa depan. Seminar ini menjadi bukti nyata bahwa budaya ilmiah dapat dibangun sejak dini dalam dunia pendidikan dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *