Penyelenggaraan Olimpiade Sains di Tingkat SD/MI Se-Kota Ternate

Kutip dari PORDES – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar Olimpiade Sains ditingkat SD/MI se-Kota Ternate, yang berlangsung di Aula Banau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unkhair Ternate, Rabu (14/12). Kegiatan yang mengambil tema “Mempersiapkan Talenta Sains Untuk Generasi yang Unggul di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” ini, di hadiri Wakil Dekan 1 FKIP Unkhair Ternate, Ketua Prodi PGSD, seluruh Dosen PGSD, Guru SD/MI Se-Kota Ternate dan seluruh mahasiswa PGSD, Ketua Panitia Kegiatan Eko Purnomo mengatakan, perkembangan ilmu dan teknologi telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia, dimana berbagai permasalahan yang muncul bisa diselesaikan dengan pedekatan ilmu pengetahuan dan teknologi atau sains.

“Olimpiade Sains tingkat SD/MI merupakan ajang Olimpiade dalam bidang Sains bagi para peserta didik di Maluku Utara, khususnya di tahun ini kita awali di Kota Ternate. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif,” ujarnya. Selain itu, kata Eko, melalui kegiatan Olimpiade Sains tingkat SD/MI ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Eko menjelaskan, tujuan dari kegiatan diadakannya Olimpiade Sains tingkat SD/MI Se-Kota Ternate ini adalah untuk menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan intelektual siswa, dan memberikan motivasi bagi siswa-siswi serta masyarakat agar lebih meningkatkan pemahaman tantang ilmu sains serta implementasinya. “Kami sadar antusias peserta sangat tinggi, namun kami terbatas oleh sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ridwan Jusuf Ketua Prodi (Kaprodi) PGSD saat di temui Portal Desa usai kegiatan menyampaikan, bahwa Olimpiade Sains tingkat SD/MI se-Kota Ternate ini di laksanakan untuk mempersiapkan talenta sains untuk generasi yang unggul pengetahuan dan teknologi, dengan peserta yang terdaftar sebanyak 100 peserta. “Sebanyak 100 peserta itu semua siswa kelas lima dan enam kemudian sekolah yang berpartisipasi itu sebanyak 19 sekolah SD/MI Se-Kota Ternate dan memang setiap sekolah itu di dampingi oleh satu guru,” ujarnya. Ridwan mengatakan, kegiatan Olimpiade ini di laksanakan selama dua hari di mulai sejak 13-14 Desember 2022. di hari pertama itu pembukaan kemudian di lanjutkan dengan babak penyisihan menggunakan tiga ruang kelas, dan setiap kelas berisi sebanyak 33 peserta untuk menyelesaikan soal sebanyak 50 dalam waktu 120 menit. Setelah itu, lanjutnya, 11 peserta terpilih dalam siswa terbaik yang masuk pada babak final perwakilan dari 9 sekolah, dan itu di laksanakan pada hari ini dengan mengerjakan sebanyak 20 soal dalam waktu satu jam.

“Setelah pemeriksaan hasil kerja siswa, dan nilai tertinggi peroleh tiga siswa dan mendapatkan juara I II dan III, kemudian juga di rengking berikutnya ada siswa yang meraih juara sebagai harapan I, II dan III,” terangnya. Ridwan menambahkan, untuk siswa juara I, II dan III mendapatkan piala, kemudian bonus dari sponsor PT Halut Indo Perkasa, kemudian juga CV Halmahera Rimba Energi. Jadi mereka mendapatkan piala kemudian bonus beserta sertifikat sedangkan untuk yang harapan I, II dan III, mereka mendapatkan piala kemudian juga bingkisan, dan Finalis berikitnya mereka hanya mendapatkan bingkisan.

“Harapan kami di program studi semoga kegiatan ini bisa berlanjut pada tahun berikut dengan melibatkan peserta yang lebih banyak lagi dengan lingkupnya bukan hanya di kota Ternate saja tetapi lingkupnya sampai ke tingkat Se-Provinsi Maluku Utara sehingga kita bisa mengetahui talenta talenta Sain Sejak dini dari siswa sekolah dasar yang ada di maluku utara,” tutup Ridwan. (riski)

Sumber: https://portaldesa.co/program-studi-pgsd-gelar-olimpiade-sains-tingkat-sd-mi-se-kota-ternate/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot